KEUNGGALAN JURUSAN

Hallo, sebagai mana kalian ketahui bahwa saya adalah mahasiswa baru di Universitah Muhammadiyah Malang, jurusan Psikologi. Dalam postingan saya kali ini saya akan membahas tentang keunggulan jurusan saya. Tanpa perlu panjang-panjang kata lagi saya akan memulai ulasan tentang jurusan Psikologi UMM.

1. Psikologi itu apa? Psikologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan dan ilmu terapan tentang perilaku, fungsi mental, dan perilaku mental manusia secara ilmiah. Para praktisi di bidang psikologi disebut psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran-peran dan tinggkah laku individu maupun kelompok.

2. Kenapa saya memilih jurusan Psikologi? Mungkin alasan saya memilih juran psikologi karena saya pada saat masih duduk di bangku SMP dan SMA, saya sering menjadi tenpat curhat teman-teman saya. Baik itu teman lama ataupun teman yang baru kenal, saya juga tidak tahu kenapa mereka begitu percayanya kepada saya. Dari hal itu saya mulai bisa membaca tingkah laku seseorang hanya dengan curhatannya saja, lantas pada saat masuk universitas saya memutuskan untuk memiloh jurusan Psikologi.

3. Keunggulan suatu jurusan biasanya dilihat dari peluang kerja ketika kita sudah lulus dari jurusan tersebut. di bawah ini adalah peluang kerja dari jurusan psikologi.
Seiring dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat, maka pertumbuhan kesempatan kerja di era globalisasi saat ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki tingkat keahlian yang tinggi. Permintaan pasar kerja yang semakin besar terhadap sumberdaya manusia yang berkualitas dan berkopetensi dengan tingkat keahlian yang tinggi merupakan suatu tantangan bagi perguruan tinggi untuk dapat menghasilkan sarjana profesional serta memiliki potensi dan kompetensi berkeahlian tinggi, agar mampu mengisi peluang kerja yang tersedia, sehingga lulusan perguruan tinggi dapat terserap di pasaran kerja dan tidak menambah pengangguran. Dalam kaitan ini pembukaan Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dimaksudkan untuk menghasilkan ahli-ahli psikologi yang peka dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengisi peluang kerja baru yang tersedia di pasaran kerja.
Ahli psikologi diperlukan terutama dalam mengefisienkan dan mengefektifkan implementasi program-program pembangunan dan pemecahan-pemecahan praktis permasalahan di masyarakat secara luas.

Komentar

Postingan Populer